Kamis, 10 Juli 2014

Roti Bakar 88

Roti Bakar 88 

Roti bakar asal Tangerang ini didirikan pada tahun 2002 dan mulai menawarkan kemitraan pada tahun 2010. Roti bakar ini menjual aneka varian menu bakar, mulai dari roti bakar keju, coklat, dan pisang. Ada juga roti bakar asin dengan campuran telur goreng, telur kornet, atau telur kornet keju. 
Tak hanya itu, tersedia juga menu tambahan lain, seperti pisang bakar, pancake, burger, sosis, kentang goreng, dan mi instan. Sedangkan untuk minuman, ada cappucino, frappucino, lemon squash, minuman cokelat, serta aneka juice.
 
KONTAN sudah mengulas tawaran kemitraan Roti Bakar 88 pada September 2011. Kala itu, roti bakar yang pusatnya berada di Jalan Kisamaun, Pasar Lama, Tangerang ini, telah memiliki tujuh mitra yang tersebar di Bogor, Tanjung Duren, Pamulang, Bumi Serpong Damai, Karawaci, Gading Serpong, dan Villa Tomang Baru, Tagerang.
Selain itu, Roti Bakar 88 memiliki empat gerai sendiri, sehingga total jumlah gerai Roti Bakar 88 sebanyak 11 gerai. Namun setelah berselang hampir satu tahun, Roti Bakar 88 memutuskan tidak lagi menawarkan kemitraan.

Irwan Tanusolihin, pemilik Roti Bakar 88 bilang, ia sudah menutup tawaran kemitraan pada akhir tahun 2011. Alasannya, sebagian besar mitra susah dikontrol dalam mempertahankan kualitas produk. Padahal, kelangsungan usaha ini sangat ditentukan kualitas produknya. 

Ia khawatir , menurunnya kualitas produk bakal berdampak negatif terhadap brand Roti Bakar 88. "Kami susah mengontrol kualitas produknya," jelas Irwan.
Ia juga mengakui, sudah ada satu mitranya memilih memutuskan kerjasama. Dengan demikian, jumlah mitranya kini tinggal enam mitra. Sementara, gerai milik sendiri tetap ada empat. "Kami saat ini fokus mengembangkan gerai milik sendiri saja dan menolak jika ada yang mau jadi mitra," jelas Irwan. 
Sementara mitra yang sudah ada tetap dipertahankan. Untuk harga dijual juga tidak mengalami perubahan. 

Filosofi: Setiap usaha butuh keberanian untuk melawan tantangan yang akan menghadang. Cukup percaya bahwa kita yakin bisa.
Omset penjualan dari Roti bakar ini bisa mencapai 15 juta perbulan bahkan 20 juta bila hari libur. Karyawan yang bekerja di Roti Bakar 88 Tangerang sendiri ada sekitar kurang lebih 8-10 orang.
Strategi Bisnis: Beliau membuat Roti Bakarnya tidak menggunakan roti biasa pada umumnya. Tetapi roti yang di gunakan merupakan resep rahasia keluarganya. Dan banyaknya varian-varian dalam menu ini, membuat minat konsumen menjadi lebih besar. Terlebih periklanannya juga telah di sebar melalui akun media social beruba Facebook dan twitter, bahkan website sekalipun. Dan jangan lupa, tempat penjualannya pun persis di tempat keramaian.
Roti bakar 88 buka mulai pukul 15.00 sampai 00.00 di hari biasa dan hingga pukul 01.00 di akhir pekan. Aneka menu roti bakar dibanderol mulai Rp 4.000 -Rp 15.000 per porsi. Sedangkan menu minuman mulai Rp 1.000-Rp 10.000 per gelas.

Sebelumnya Roti Bakar 88 menawarkan waralaba dengan paket investasi 40 juta Rupiah. Biaya tersebut belum mencakup sewa tempat dan perlengkapan usaha seperti meja dan kursi.


Roti Bakar 88
Jl. Kisamaun No. 118
Pasar Lama – Tangerang
Telp: 0816 1180 747


Tidak ada komentar:

Posting Komentar